Powered By Blogger

Minggu, 31 Oktober 2010

MODEL SISTEM UMUM ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

Pendahuluan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa model merupakan sesuatu alat yang penting dalam bisnis, yaitu sebagai pemecahan dari suatu masalah. Untuk itu, setiap masalah yang akan dipecahkan harusnya dengan pemikiran yang sangat matang. Sistem itu sendiri merupakan bagian dari sebuah model pada suatu perusahaan. Yang dibangun dan dibentuk dan didalamnya terdapat suatu organisasi yang bertugas menjalankan segala misinya untuk memajukan suatu perusahaan. Organisasi merupakan elemen yang sangat penting yang terdapat pada suatu lembaga tertentu. Dan perusahaan, yakni tempat tejadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

Tinjauan Pustaka

Materi yang di tulis oleh Betty Yudha dengan judul Model Umum Sistem Perusahaan yang membahas tentang jenis-jenis model,kegunaan model,dan model sistem umum.

Materi yang di tulis oleh Firdaus Solihin dengan judul Model Umum Sistem Perusahaan/Organisasi yang membahas tentang jenis-jenis model,kegunaan model,dan model sistem umum,model 2 sistem umum,manajemen by exception.

Chester I Barnard, yang mantan presiden New Jersey Bell Telephone, menekankan organisasi pada dasarnya adalah sistem kerja sama (cooperative), menggabungkan kontribusi individual. Barnard mendefinisikan organisasi sebagai “bentuk kerja sama antar-anggota yang sadar (conscious), hati-hati atau penuh pertimbangan (deliberate), dan penuh makna (purposeful).”

Menurut Dina Pertiwi, ”Model itu sendiri adalah adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.”

Pembahasan

Jenis-jenis Model :

1. Model Fisik ; penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.

2. Model Naratif ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.

3. Model Grafik ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.

4. Model matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.

Kegunaan Model :

1. Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.

2. Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.

3. Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.

Model Sistem Umum

1. Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.

2. Sistem Konseptual,Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut“Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.

a. Sistem Lingkaran Terbuka.

b. Sistem Lingkaran Tertutup.

v Arus material.

v Arus personil.

v Arus mesin.

v Arus uang.

Pengendalian Manajemen; pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem. Pengolah Informasi; Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer. Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul.

Dimensi-dimensi Informasi : Saat para manajer menentukan output yang harus disediakan para pengolah informasi, mereka mempertimbangkan 4 dimensi dasar informasi :

1. Relevansi.

2. Akurasi.

3. Ketepatan waktu.

4. Kelengkapan.

Manajer adalah orang yang terbaik untuk menentukan dimensi-dimensi informasi yang ia perlukan. Jika perlu analis sistem dapat membantu manajer mendekati tugas ini secara logis. Manajer menggunakan standar untuk mengendalikan sistem fisik dengan kinerja actual. “Sistem konseptual yang mengendalikan sistem fisik terdiri dari 3 elemen penting : manajer, pengolah informasi dan standar” Standar dikombinasikan dengan output informasi dari pengolah informasi, memungkinkan manajer untuk melaksanakan“management by exception” (suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktifitas hanya jika aktifitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima).

Management by Exception memberikan 3 keuntungan dasar :

1. Manajer tidak membuang waktu memantau aktifitas yang berlangsung secara normal.

2. Karena lebih sedikit keputusan yang dibuat, tiap keputusan dapat menerima perhatian lebih menyeluruh.

3. Perhatian dipusatkan pada peluang-peluang, maupun pada hal-hal yang tidak berjalan semestinya.

Namun, terdapat pula sejumlah kendala yang harus diketahui :

1. Beberapa kinerja bisnis tertentu tidak mudah ditentukan secara kuantitas sehingga standar tidak dapat ditetapkan.

2. Suatu sistem informasi yang memantau kinerja secara akurat sangat diperlukan.

3. Perhatian harus terus diarahkan pada standar untuk menjaga standar pada tingkat yang tepat.

4. Manajer tidak boleh menjadi pasif dan hanya menunggu batas kinerja dilewati.

Konsep manajemen yang serupa dengan Management by Exception disebut Critical Success Factor. CSF adalah salah satu kegiatan perusahaan yang berpengaruh kuat pada kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya

Pendekatan Sistem

Manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Sistem Konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar. 2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).

Tahapan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Pendekatan Sistem

1. Usaha Persiapan

v Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.

v Mengenal sistem lingkungan.

v Mengidentifikasi subsistem perusahaan.

2. Usaha Definisi

v Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem. Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.

v Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :

1. Mengevaluasi standar.

2. Membandingkan output dengan standar.

3. Mengevaluasi manajemen.

4. Mengevaluasi pemroses informasi.

5. Mengevaluasi input dan sumber daya input.

6. Mengevaluasi proses.

7. Mengevaluasi sumber daya output.

3. Usaha Persiapan

v Pertimbangan alternatif yang layak.

v Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.

v Memilih solusi terbaik.

v Menerapkan solusi.

v Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.

Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah, tiga Kategori manajer dalam merasakan masalah :

1. Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.

2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :

v Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.

v Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.

3. Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah ( Problem solver) :

v Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.

v Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

Kesimpulan dan Saran

model perusahaan sangat penting dalam memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, sebaik mungkin perusahaan harus dapat mencari jalan atau solusinya dengan sebaik-baiknya pula, demi kesejahteraan para anggotanya

Agr tercipta sistem umum perusahaan yang baik maka perlulah model tersebut untuk memajukan perusahaan

Referensi

http://www.copasmedia.com/?s=Model+Sistem+Umum+Perusahaan

http://www.kaskus.us/blog.php?b=21481

http://citapatsiana.blogspot.com/2009/10/model-sistem-umum-perusahaan.html-http://nurmalitaseptiani.wordpress.com/2009/11/20/model-sistem-umum-perusahaan/

http://justplaymyskateboard.blogspot.com/2010/01/model-sistem-umum-perusahaan.html

http://www.copasmedia.com/?s=Model+Sistem+Umum+Perusahaan

http://ruzdeeweb.com/search/model+sistem+umum+perusahaan

http://indoartikel.com/berita_model_sistem_umum_perusahaan__warta_warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar