Powered By Blogger

Selasa, 24 Mei 2011

NUSANTARA KITA


Nusantara.....betapa indah Nusantara.....
Nah, itulah sedikit kutipan lagu Koes Plus yang membanggkan keadaan negeri kita, Indonesia . tetapi tahukah dengan baik tentang Nusantara ini?
Nusantara merupakan sebutan atau nama gugusan pulau yang terletak antara benua Asia dan Benua Australia. Di kemudian hari Nusantara lebih dikenal sebagai Indonesia. Nama Nusantara semakin dikenal di kalangan masyarakat, khususnya para tokoh pergerakan nasional, setelah Moh. Yamin membuat puisi yang menggambarkan keindahan kejayaan kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia yang diberinya judul Nusantara. Sementara itu, seorang ahli sejarah, Viekke, juga memberi judul Nusantara bagi buku sejarah yang menggambarkan kehidupan kerajaan-kerajaan di Indonesia.
Dalam Garis-garis Besar Haluan Negara dikenal pula perkataan Nusantara. Kata tersebut secara lengkap tertulis Wawasan Nusantara, yang berarti suatu wawasan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Dalam Wawasan Nusantara ditegaskan bahwa Kepulauan Nusantara (Indonesia) merupakan satu kesatuan, baik dalam arti kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, maupun kesatuan pertahanan dan keamanan.
Pada kesempatan ini, yang menarik untuk diulas lebih lanjut adalah perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial dan budaya. Hal ini berarti: (a) bahwa masyarakat Indonesia adalah satu, perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemakmuran masyarakat yang sama, merata dan seimbang, serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan kemajuan bangsa; (b) bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu, sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa.
Jadi, sekarang kamu tentu lebih bangga dong dengan Nusantara kita.




Sumber : Ensiklopedia Nasional Indonesia dengan penyesuaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar