Powered By Blogger

Rabu, 25 Mei 2011

SEMANGAT KEBANGSAAN


Bila kita mencermati situasi dan kondisi aktual saat ini, tampak bahwa kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sedang menghadapi suatu cobaan yang sangat berat, yaitu krisis multidimensi di seluruh aspek kehidupan nasional. Situasi dan kondisi tersebut disebabkan oleh globalisasi yang dapat mempengaruhi pola pikir, pola sikap, dan pola tindak masyarakat, sehingga akan mempengaruhi kondisi mental spritual bangsa Indonesia.
Menghadapi kondisi tersebut, marilah kita bersama-sama menengok ke belakang untuk mencermati sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada waktu merebut mempertahankan kemerdekaan, bangsa Indonesia berjuang dengan semangat kebangsaan yang tinggi yang dilandasi oleh iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap ikhlas berkorban. Semangat tersebut merupakan kekuatan mental spritual yang dapat melahirkan sikap dan perilaku yang heroik dan patriotik sebagai modal untuk merebut kemerdekaan sehingga melahirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dalam mengisi kemerdekaan dan mengatasi krisis multidimensional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, saya mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama mengabdi dan membela negara yang kita cintai ini dengan semangat kebangsaan.
Upaya untuk membangun kembali semangat kebangsaan kepada generasi muda bangsa haruslah lebih ditingkatkan terutama kepada para mahasiswa dan calon sarjana/ilmuwan khususnya. Sehingga diharapkan generasi muda penerus bangsa tetap memiliki semangat kebangsaan demi keutuhan dan tetap tegak serta jayanya NKRI sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar